Skip to content

15 Jurusan UI dengan Persaingan Rendah Lewat Jalur SNBT

jurusan tingkat persaingan rendah di univeristas indonesia

Universitas Indonesia merupakan salah satu universitas terbaik yang ada di Indonesia, tak heran banyak yang ingin masuk perguruan tinggi negeri tersebut.

Kamu mungkin bisa mewujudkannya jikga mengambil jurusan di UI dengan persaingan rendah jalur SNBT yang akan kita bahas di bawah ini.

Jurusan di Universitas Indonesia Persaingan Rendah Jalur SNBT

Daftar jurusan di bawah ini kami kategorikan pada persaingan rendah dengan melihat dari daya tampung dan jumlah peminatnya yang pada hal ini kami mengacu pada data tahun 2023 (daya tampung) dan 2022 untuk data peminatnya. Langsung saja berikut daftar jurusan dengan persaingan rendah di UI.

1. S1 Fisika

Sarjana Fisika UI menjadi salah satu jurusan dengan persaingan rendah, pasalnya pada tahun 2022 peminat jurusan ini hanya 154 orang dimana daya tampungnya sekitar 42 orang pada jalur SNBT.

Dari data tersebut, jurusan Fisika UI memiliki presentase kesulitan 4% (dari 100% sulit).

2. S1 Kimia

Menyusul peringkat kedua jurusan dengan persaingan rendah di UI. Sarjana Kimia memiliki presentase kesulitan masuk sebesar 5%, dimana peminat di jurusan ini sebanyak 200 orang dengan daya tampung 42 mahasiswa baru.

Jika kamu berniat mengambil jurusan S1 Kimia di UI, bisa menjadi pilihan yang tepat, karena masih terbilang persaingan rendah.

3. S1 Sastra Daerah Untuk Sastra Jawa

Program Studi ini menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia dan menjadi salah satu jurusan dengan persaingan yang rendah yakni dengan tingkat kesulitasn 5%.

Daya tampung 24 mahasiswa, peminatnya sekitar 128 orang pada tahun 2022.

4. S1 Teknik Metalurgi & Material

Kamu suka dengan desain-desain material seperti desain body mobil dan lain sebagainya? Masuk pada jurusan ini akan menjadi langkah awal kamu mewujudkan cita-cita bekerja pada industri-industri besar seperti industri perminyakan, pertambangan, hingga industri pengecoran besi/baja.

Kabar baiknya lagi, jurusan ini menjadi salah satu jurusan dengna persaingan rendah pada jalur SNBT Universitas Indonesia.

Peminat tahun 2022 sebanyak 294 orang dengan daya tampung 53 mahasiswa.

5. S1 Teknik Kimia

Bagi yang ingin kuliah di Univeristas Indonesia juga bisa mengambil jurusan Teknik Kimia pada jalur SNBT.

Teknik Kimia memiliki peminat sebanyak 280 orang, dimana daya tampungnya hanya 50 orang/mahasiswa.

Masih ada kesempatan asalkan kamu belajar dengan giat untuk menghadapi SNBT 2024. Salah satu metode belajarnya bisa menggunakan buku snbt 2024 dari Simbus PTN.

6. S1 Geografi

Jurusan Geografi di Universitas Indonesia ini memiliki daya tampung 42 mahasiswa. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena peminatnya tergolong sama seperti jurusan-jurusan di atas yaitu sebanyak 263 orang saja.

7. S1 Teknologi Bioproses

Selanjutnya untuk mewujudkan mimpimu kuliah di Universitas Indonesia Depok bisa banget memilih jurusan ini pada ujian SNBT 2024.

Peminat: 126
Daya Tampung: 20

8. S1 Sastra Belanda

Walaupun daya tampung jalur SNBT jurusan Sastra Belanda di Universitas Indonesia hanya 24 mahasiswa, akan tetapi peminat pada tahun 2022 hanya sebanyak 152 orang.

Persaingannya masih masuk akal dibandingkan jurusan kedokteran yang harus bersaing dengan ribuan orang.

 

Selain 8 jurusan di atas, masih ada beberapa jurusan dengan tingkat persaingan rendah berikut ini.

9. S1 GEOFISIKA

Daya Tampung: 26
Peminat: 171

10. S1 GEOLOGI

Daya Tampung: 26
Peminat: 176

11. S1 TEKNIK PERKAPALAN

Daya Tampung: 32
Peminat: 219

12. S1 BIOLOGI

Daya Tampung: 42
Peminat: 291

13. S1 TEKNIK ELEKTRO

Daya Tampung: 60
Peminat: 417

14. S1 SASTRA RUSIA

Daya Tampung: 24
Peminat: 179

15. S1 TEKNIK MESIN

Daya Tampung: 50
Peminat: 394

 

Beberapa jurusan di atas yang persaingannnya rendah di jalur SNBT UI, menjadi jurusan dengan prospek kerja yang cukup bagus, dengan gaji yang lumayan tinggi pula.

1 thought on “15 Jurusan UI dengan Persaingan Rendah Lewat Jalur SNBT”

  1. Pingback: 7 Cara Menjadi Mahasiswa Produktif - Yapindo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *