Skip to content

7 Cara Menentukan Jurusan Kuliah yang Tepat

cara menentukan jurusan kuliah

Menentukan jurusan kuliah menjadi salah satu hal tersulit saat memutuskan lanjut kuliah.

Banyaknya jurusan kuliah dan kurangnya knowledge seringkali berpengaruh dengan kesulitan tersebut.

Dalam artikel ini kita akan kupas tuntas bagaimana cara menentukan jurusan kuliah yang tepat, jadi jangan khawatir dan coba lakukan.

Cara Menentukan Jurusan Kuliah

Kenali Minat dan Bakat Pribadi

Cara pertama untuk menentukan jurusan kuliah adalah mengetahui dan memahami minat bakat.

Coba tanya kepada diri sendiri, apa yang kamu minati, dan apa yang kamu bisa sekarang ini, apakah dibidang komunikasi sosial? teknologi? agama dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui hal tersebut, kita akan mudah untuk menentukan jurusan di perguruan tinggi.

Lakukan Riset Tentang Jurusan

Langkah selanjutnya setelah mengenali minat dan bakat adalah mencari tahu secara lengkap jurusan-jurusan yang relevan dengan minat kamu.

Hal utama yang harus kita ketahui adalah tentang kurikulum, mata kuliah, fasilitas tiap perguruan tinggi, prospek kerja, hingga reputasi kampus yang menyediakan jurusan tersebut.

Bagaimana dengan Potensi Karir Jurusan Pilihanmu?

Mengetahui prospek karir dimasa depan untuk jurusan yang relevan dengan minatmu juga hal penting untuk dilakukan agar bisa menentukan jurusan yang tepat. Jangan lupa untuk meninjau tingkat persaingan dan angka pengangguran pada lulusan bidang tersebut.

Jika sudah, maka pilihlah jurusan yang memiliki prospek karir masa depan jangka panjang dengan tingkat persaingan yang masih masuk akal.

Tentukan Perguruan Tinggi

Kita harus jeli dalam menentukan perguruan tinggi, pilihlah perguruan tinggi yang terakreditasi, fasilitasnya lengkap hingga pengajar professional atau bisa pilih PTN yang sudah identik dengan jurusan yang akan kamu tuju.

Dengan kuliah di perguruan tinggi yang tepat, kita bisa memaksimalkan potensi sehingga bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman yang luar biasa.

Pertimbangkan Biaya Kuliah

Biaya kuliah seringkali menjadi penghambat bagi sebagian mahasiswa, maka dari itu untuk menentukan jurusan kuliah yang tepat kita juga harus mempertimbangkan biaya kuliah baik biaya masuk maupun biaya semesteran.

Tak jarang yang mahasiswa putus kuliah dengan alasan tidak ada biaya, dari situ kita tahu bahwa pembayaran menjadi hal yang krusial.

Tentukan Jurusan Kuliah Lebih dari 1

Jangan terpaku dengan satu jurusan, walaupun tidak mengikuti SNBT menentukan jurusan lebih dari satu juga menjadi hal yang harus kita lakukan.

Dengan adanya backup jurusan, kita bisa menghindari hal-hal tak terduga seperti kuota pendaftaran penuh, biaya terlalu mahal dan lain sebagainya.

Bagi kalian yang mengikuti SNBT 2024 bisa memilih hingga 4 jurusan sebagai targetnya, dan banyak dari peserta snbt belajar dengan buku snbt 2024 dari Simbus PTN.

Konsultasi dengan Orang yang Berpengalaman

Langkah terakhir cara menentukan jurusan kuliah yang tepat adalah dengan berkonsultasi dengan orang yang berpengalaman dalam bidang yang kamu minati.

Tanyakan pengalamannya saat mengambil jurusan tersebut, tanyakan juga apa saja yang dipelajari, jangan lupa juga untuk meminta rekomendasi kampus yang bagus untuk jurusan tersebut, dan terakhir tanyakan prospek kerjanya.

Cara diatas bisa menjadi panduan untuk menentukan jurusan kuliah baik untuk masuk perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta.

Semoga dengan beberapa tips di atas bisa membantu kalian dalam menentukan jurusan kuliah.

1 thought on “7 Cara Menentukan Jurusan Kuliah yang Tepat”

  1. Pingback: 20 Jurusan Kuliah yang Mudah Dapat Kerja - Yapindo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *