Skip to content

12 Jurusan Sepi Peminat di UNNES (Universitas Negeri Semarang)

jurusan sepi peminat di unnes

Universitas Negeri Semarang (Unnes) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Jawa Tengah tepatnya di Kota Semarang. Kampus ini juga menjadi target favorit para peserta UTBK SNBT.

Berkaitan dengan hal tersebut ada info penting yang perlu kamu ketahui yaitu ada beberapa jurusan sepi peminat di Unnes yang bisa menjadi pilihan jurusan saat mengikuti utbk snbt 2024. Apa saja jurusan tersebut? simak penjelasan berikut.

12 Jurusan Sepi Peminat di UNNES (Universitas Negeri Semarang)

Perlu dipahami, yang dimaksud sepi peminat disini bukan berarti jurusan-jurusan di bawah ini tidak memiliki peminat di jalur SNBT, melainkan jumlah peminat dan kuota yang ada tidak terlalu jauh perbedaannya. Langsung saja simak daftar berikut ini.

1. S1 Pendidikan Teknik Elektro

Pendidikan Teknik Elektro jenjang sarjana menjadi pembahasan awala pada list jurusan sepi peminat di unnes kali ini. Jurusan ini pada SNBT 2023 membuka kuota sebanyak 27 mahasiswa, namun kalau dilihat peminatnya dari tahun sebelumnya yang hanya 89 orang, menjadikan persaingan masuk ke jurusan ini masih tergolong rendah.

2. S1 Ilmu Keolahragaan

S1 Ilmu Kelahragaan UNNES juga menjadi salah satu jurusan yang sepi peminat pada jalur SNBT. Peminat pada jalur SNBT jurusan ini sebanyak 158 orang pendaftar dimana hanya ada 45 orang yang akan diterima pada jalur SNBT, jumlah tersebut masih terbilang sedikit jika dibandingkan dengan jurusan populer di unnes.

Baca Juga: Jurusan paling diminati di dunia

3. S1 Pendidikan Bahasa Prancis

Minat untuk mempelajari bahasa asing di Indonesia kini kian naik, begitupun dengan program studi Pendidikan Bahasa Prancis, namun di UNNES sendiri jumlah peminat jalur SNBT jurusan ini hanya sebanyak 86 orang dimana kuota yang dibuka adalah sebanyak 26 mahasiswa.

Dari data tersebut bisa dibilang persaingannya masih rendah. Mungkin bagi kalian yang senang dengan bahasa asing terutama bahasa Prancis bisa memilih jurusan ini di UNNES pada SNBT mendatang.

4. S1 Pendidikan Seni Rupa

Jurusan sepi peminat selanjutnya adalah S1 Pendidikan Seni Rupa. Bagi teman-teman yang passion dibidang seni, S1 Pendidikan Seni Rupa UNNES bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain kampus yang sudah terbukti unggul ini, persaingan untuk memasuki jurusan ini juga masih rendah.

Kalian cukup bersaing dengan kurang lebih 84 calon mahasiswa agar bisa mendapatkan bangku kuliah di jurusan S1 Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Semarang.

5. S1 P. Seni Drama, Tari & Musik (P. Seni Tari)

Sama halnya dengan Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Seni Tari juga mengalami hal serupa. Peluang masih untuk ke program studi ini masih sangatlah tinggi.

Data mengatakan pada tahun 2022 peminat pada jurusan ini hanya sebanyak 83 orang, sedangkan pada tahun 2023 kuota SNBT jurusan ini adalah sebanyak 30 kursi. Dari data tersebut bisa disimpulkan bahwa persaingan masuk jurusan ini masih rendah.

6. S1 P. Seni Drama, Tari & Musik (P. Seni Musik)

Pendidikan Seni Musik mungkin memiliki peminat terbanyak dari 2 pendidikan seni di atas, dimana peminat pada jurusan ini ada sebanyak 124 orang, dengan kuota jalur SNBT sebanyak 30 mahasiswa. Persiapkan dirimu jika ingin memasuki jurusan ini, salah satu caranya dengan mengetahui prediksi soal lewat buku snbt 2024 dari Simbus PTN. Kamu bisa dapatkan bukunya lewat marketplace Yapindo.

7. D3 Desain Komunikasi Visual

Kabar gembira untuk anak desain dan yang ingin kuliah di UNNES. Karena prodi D3 Desain Komunikasi Visual merupakan prodi baru di Universitas Negeri Semarang.

Biasanya prodi baru pada suatu universitas memiliki persaingan yang rendah karena belum banyak orang yang tahu dan memang belum ada tetimoni dari lulusannya.

8. D3 Statistika Terapan Dan Komputasi

Menyusul prodi D3 DKV, UNNES juga membuka program studi D3 Statistika Terapan dan Komputasi dengan kuota jalur SNBT 2023 sebanyak 12 mahasiswa. Hal ini menjadikan D3 Statistika Terapan dan Komputasi masih termasuk jurusan sepi peminat di unnes.

9. S1 Pendidikan Fisika

Ternyata persaingan untuk masuk Fisika di UNNES tidak begitu tinggi loh. Jika dilihat dari jumlah peminat/peserta SNBT yang mengambil jurusan ini yaitu sebanyak 145 orang dengan kuota jalur snbt sebanyak 32 mahasiswa, jurusan S1 Pendidikan Fisika menjadi salah satu jurusan yang sepi peminat. Hal itu berarti peluang masuknya masih tinggi.

10. S1 Pendidikan Teknik Mesin

Walaupun cukup alot, tapi peluang masuk jurusan ini masihlah tinggi. S1 Pendidikan Teknik Mesin menjadi salah satu jurusan yang sepi peminat di UNNES dikarenakan peminat jalur SNBT 2022 hanya sebanyak 137 orang, dan pada tahun 2023 hanya dibuka 27 kuota untuk jalur SNBT.

11. S1 Teknologi Informasi

Masih dengan tingkat kelulusan sebesar 17% S1 Teknologi Informasi menjadi salah satu jurusan dengan tingkat peluang lulus yang tinggi dibandingkan jurusan populer yang tingkat lulusnya hanya 1%.

12. S1 Sosiologi

Jurusan sepi peminat di unnes yang terakhir adalah S1 Sosiologi. Walaupun masih tergolong persaingan sedang tapi kesempatan masuk jurusan ini masihlah tinggi.

Demikian daftar jurusan sepi peminat di unnes. Semoga informasi ini bisa membantu kalian dalam menentukan jurusan di jalur SNBT Universitas Negeri Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *