Skip to content

8 Tips Lolos Seleksi PPPK Formasi Guru

tips lolos seleksi pppk

Seleksi PPPK Formasi Guru akan segera di laksanakan pada bulan november nanti. Oleh karena itu kita harus mempersiapkan diri dengan matang. Lalu bagaimana tips dan trik lolos seleksi pppk formasi guru sd?

Berikut tips yang dapat dilakukan oleh calon peserta agar mendapatkan hasil yang optimal.

 

Jaga Kondisi Kesehatan

Pastikan kondisi dalam keadaan sehat jasmani dan rohani agar mengerjakan soal ujian lebih fokus dan terarah. Soal ujian PPPK cenderung jenis soal yang menguji kemampuan berfikir kritis atau soal High Order Thinking Skills (HOTS).

 

Pelajari Modul

Sering mempelajari topik, modul atau bahan yang relevan yang tersedia baik secara online maupun dalam bentuk buku untuk dipelajari agar kemampuan berfikir kritis semakin terasah.

 

Latihan Soal

Seringlah mengerjakan contoh soal ujian seleksi pppk formasi guru sd, seperti dengan buku pppk formasi guru sd dan lain sebagainya.

Dengan sering latihan soal, kita akan memiliki banyak wawasan terkait materi yang akan di ujikan pada seleksi pppk.

 

Pilih Jawaban yang Relevan

Soal ujian PPPK cenderung mengukur sejauh mana kesiapan calon peserta untuk bekerja dengan baik di tempat kerjanya secara profesional, jujur, akuntabel, kerjasama, keinginan belajar terus menerus, kerja keras, dan kreatifitas serta pelibatan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Dalam menjawab soal hendaknya memilih jawaban yang mendukung indikator-indikator tersebut.

 

Berlatih untuk Berfikir Kritis

Perlu diingat bahwa soal dalam PPPK bukan soal hafalan, tetapi kemampuan berfikir kritis yang berhubungan dengan indikator tersebut.

 

Memahami Materi Substansi

Pada soal ujian substansi (Misal ke-PGSD-an), calon peserta sebaiknya memahami materi subtansi dari berbagai modul atau sumber belajar yang tersedia untuk dipelajari dan difahami penerapannya dalam proses pembelajaran.

 

Dahulukan Soal yang Mudah

Jika terdapat kesulitan, sebaiknya mendahulukan soal yang dianggap lebih mudah.

 

Hindari Spekulasi

Hindari spekulasi dalam menjawab soal atau hanya berdasarkan perkiraan. Setiap soal dan jawaban pasti ada penjelasan atau hubungannya

Jangan lupa untuk berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing, selain berdoa restu dari orang tua juga penting untuk membangun kepercayaan emosional kita.

Persiapkan mental dan wawasannya agar bisa lolos dengan mudah seleksi pppk formasi guru sd.

Demikian tips lolos seleksi pppk, semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *