Skip to content

Materi yang Diujikan PPPK Guru SD

materi yang diujikan pppk guru sd

PPPK atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja merupakan pegawai pemerintah dengan kontrak kerja. Formasi atau posisi PPPK yang dibutuhkan sangat banyak salah satunya adalah Formasi Guru SD.

Pada tahun ini, pemerintah membuka sebanyak 296.059 untuk formasi guru sd. Lalu apa saja materi yang diujikan pppk guru sd?

Ujian PPPK akan mencakup 3 Kompetensi yakni Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, dan Kompetensi Sosiokultural, lalu akan ada satu paket soal wawancara.

Adapun penjelasannya sebagai berikut.

 

Materi yang Diujikan PPPK Formasi PGSD

 

Kompetensi Teknis PPPK Formasi Guru SD

Kompetensi teknis merupakan kumpulan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan praktis yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas sebagai seoran guru SD.

Adapun kompetensi teknis untuk seleksi formasi guru sd akan ada 5 materi yaitu IPA, IPS, PPKN, Bahasa Indonesia dan Matematika dengan masing-masing 20 soal per materinya.

Kompetensi Manajerial

Setiap seleksi formasi PPPK, pasti akan ada soal yang berkaitan dengan kompetensi manajerial. Soal pada bidang ini menuju seberapa paham kita dalam mengatur, menjalankan suatu tugas dalam organisasi.

Soal-soal kompetensi manajerial akan menuntut kita untuk berfikir kritis dalam memecahkan suatu masalah dalam suatu organisasi.

Adapun contoh soal kompetensi manajerial bisa di dapatkan melalui buku pppk guru sd.

Kompetensi Sosiokultural

Materi yang akan di ujikan selanjutnya adalah Kompetensi Sosiokultural, pada kompetensi ini terdapat 20 soal pppk guru sd dengan format pilihan ganda.

Kompetensi sosiokultural merupakan pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau perilaku terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk.

Wawancara

Berikut ini contoh soal wawancara yang akan ada di seleksi PPPK guru SD.

  • Sebagai rekan sejawat pulang 20 menit lebih awal dari jadwal yang seharusnya untuk menghindari kemacetan lalu lintas. Sikap anda?
  • Siswa berasal dari latar belakang yang berbeda mencakup budaya, nilainilai, tingkat ekonomi maupun tingkat penghasilan orang tua. Terhadap berbagai perbedaan itu sikap guru sebaiknya adalah..

 

Demikian informasi mengenati materi yang akan diujikan pppk formasi guru sd, semoga bisa membantu sobat Yapindo saat mengikuti seleksi PPPK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *