Skip to content

Perbedaan Utama SNBT, SNBP dan Seleksi Mandiri

Proses seleksi masuk perguruan tinggi negeri berbeda dengan perguruan tinggi swasta. Pada jalur seleksi masuk ptn dibagi menjadi 3 jenis yaitu SNBT, SNBP dan Jalur Mandiri.

Lalu apa perbedaan snbt, snbp dan jalur mandiri?
Berikut penjelasan lengkapnya

Definisi dan Perbedaan SNBT, SNBP dan seleksi mandiri

1. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)

Sebelumnya jalur ini bernama SNMPTN namun sejak tahun 2023 jalur ini berganti nama menjadi SNBP. Jalur ini meninjau prestasi siswa melalui catatan pembelajaran dan nilai rapor dari semestar 1 hingga 5.

Agar bisa mengikuti jalur ini, pihak sekolah harus mendaftar akun SNPMB lalu mendaftarkan siswanya yang berprestasi untuk ditinjau oleh pihak SNPMB.

Adapun ketentuan umum SNPMB sebagai berikut:

  1. SNBP dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor serta prestasi akademik dan non akademik siswa. Rapor yang digunakan adalah sebagai berikut:
  • semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun; atau
  • semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.
    Adapun prestasi akademik maupun non akademik siswa yang dinilai adalah tiga prestasi terbaik.
  1. Sekolah yang mengikutkan siswanya dalam SNBP harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan rapor siswa yang eligible di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dengan lengkap dan benar.
  2. Sekolah harus memiliki Akun SNPMB Sekolah Untuk pengisian PDSS. Siswa harus memiliki Akun SNPMB Siswa untuk pendaftaran SNBP. Registrasi Akun SNPMB Sekolah dan registrasi Akun SNPMB Siswa dilakukan di Portal SNPMB
  3. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
  4. Siswa yang akan mendaftar SNBP disarankan membaca informasi persyaratan program studi pilihan pada laman PTN yang dituju.
  5. Siswa yang telah dinyatakan lulus seleksi Jalur SNBP 2024, SNBP 2023 dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 tidak dapat mendaftar UTBK-SNBT 2024.
  6. Siswa yang dinyatakan lulus seleksi Jalur SNBP 2024 tidak dapat mendaftar seleksi Jalur Mandiri di PTN manapun.

 

2. Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT)

Berbeda dengan jalur SNBP yang menggunakan prestasi akademik dan non akademik sebagai syarat masuk perguruan tinggi. SNBT mengharuskan peserta mengikuti ujian tulis berbasis komputer yang dilakukan secara serentak.

Peserta SNBT akan mengerjakan 155 soal yang terbagi dalam 7 subtes yaitu Tes Potensi Skolastik/TPS (Penalaran Umum, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, Pemahamanan Bacaan dan Menulis, Pengetahuan Umum) dan Tes Literasi (Literasi dalam Bahasa Indonesia, Literasi dalam Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika).

Bentuk soal SNBT akan terbagi menjadi 3 jenis yaitu soal pilihan ganda a-e, pilihan majemuk benar atau salah, dan soal isian.

Jika kamu ingin tahu prediksi soal snbt terbaru bisa didapatkan pada buku snbt 2024 dari Simbus PTN.

 

3. Seleksi Mandiri

Seleksi mandiri hampir sama dengan SNBT yang mengharuskan peserta mengikuti ujian tulis. Perbedaannya pada waktu pelaksanaan dan materi yang di ujikan, dimana seleksi mandiri di atur langsung oleh perguruan tinggi terkait. Sehingga tiap perguruan tinggi akan berbeda jadwal dan materi yang di ujikan.

Namun secara umum materi yang di ujikan akan mirip dengan materi SNBT, porsi ataupun bentuk soalnya yang berbeda.

Demikian perbedaan antara SNBT, SNBP dan Seleksi Mandiri. Perlu diketahui masing-masing jalur ada batas kuotanya, sehingga tidak semua mahasiswa baru akan diterima pada jalur yang sama.

Kesimpulan:

Perbedaan antara snbt, snbp dan seleksi mandiri yang paling utama adalah pada cara/proses menyeleksi siswa yang akan memasuki perguruan tinggi negeri.

Dimana SNBP melalui jalur prestasi, snbt dan seleksi mandiri melalui jalur tes tulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *