Skip to content

Jurusan Yang Paling Dibutuhkan 10 Tahun Kedepan

jurusan yang paling dibutuhkan 10 tahun kedepan

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas cara menentukan jurusan kuliah yang tepat, dan salah satu indikatornya adalah prospek kerja yang bagus untuk masa depan. Maka dari itu pada artikel kali ini kita akan membahas 10 jurusan yang paling dibutuhkan 10 tahun kedepan.

10 Jurusan yang Paling Dibutuhkan 10 Tahun Kedepan

Berikut adalah jurusan-jurusan yang lulusannya akan sangat dibutuhkan dimasa depan.

1. Teknik Informatika

Jurusan teknik informatika merupakan jurusan yang mempelajari berbagai prinsip ilmu komputer mulai dari proses perancangan, pengembangan, pengujian, hingga evaluasi operasi perangkat lunak.

Lulusan dari jurusan ini biasanya berprofesi menjadi programer web, programer aplikasi, programer game, konsultant IT, Data Scientist, dan lain sebagainya. Dimana profesi-profesi tersebut akan sangat dibutuhkan dimasa depan.

2. Ilmu Komunikasi

Lulusan jurusan yang paling dibutuhkan di masa depan selanjutnya adalah lulusan dari jurusan ilmu komunikasi.

Lulusan dari jurusan ini biasanya menempati posisi-posisi yang penting dan akan menjadi pekerjaan yang masih bertahan 10 tahun kedepan terutama di Indonesia. Profesi dari lulusan jurusan ilmu komunikasi antara lain, reporter (jurnalis), produser TV dan Radio, content creator, penulis (content writer), hingga menjadi product manager.

Gaji awal bagi lulusan freshgraduate jurusan ini juga tidak main-main tergantung penempatan dan perusahaan tersebut.

3. Sistem Informasi

Perkembangan teknologi di Indonesia kini kearah semakin maju, dimana akan banyak munculnya sebuah sistem baru, aplikasi baru yang membutuhkan seorang sistem analyst, IT consultant ataupun project manager.

Dengan lulus dari jurusan sistem informasi, kita akan berkesempatan menempati posisi-posisi pekerjaan tersebut yang memiliki gaji tinggi, bahkan untuk seorang fresh graduate sekalipun.

Baca Juga: cara mendaftar akun snpmb 2024

4. Kedokteran

Tak dipungkiri lagi jurusan kedokteran menjadi salah satu jurusan yang paling dibutuhkan 10 tahun kedepan.

Terutama di Indonesia yang masih banyak kekurangan tenaga kesehatan apalagi seorang dokter. Dimasa depan menjadi dokter juga bukan hanya berbicara bekerja dirumah sakit, bahkan kita bisa menjadi seorang business owner dibidang kesehatan itu sendiri.

Namun dengan adanya prospek bagus tersebut, untuk masuk jurusan kedokteran juga butuh usaha yang ekstra karena tingkat persaingan yang tinggi, bahkan tidak jarang ada yang mengambil bimbel kedokteran hingga puluhan juta.

5. Teknik Elektro

Jurusan teknik elektro adalah yang mempelajari listrik dan implementasinya sehari-hari. Lulusan dari jurusan ini akan sangat dibutuhkan hingga 10 tahun kedepan.

Profesi-profesi yang bisa di ambil oleh lulusan jurusan ini antara lain electrical design engineer, robotic engineer, hardware engineer, hingga menjadi pegawai bumn pada bidang yang berkaitan.

6. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Akhir-akhir ini robot dan kecerdasan buatan menjadi bahasan utama pada tema perkembangan teknologi, lulusan dari jurusan ini juga banyak dicari karena memang profesi pada bidang ini akan sangat dibutuhkan untuk 10 tahun kedepan.

7. Teknik Mesin

Teknik Mesin adalah salah satu cabang ilmu teknik yang berkaitan dengan desain, pengembangan, produksi, dan pemeliharaan mesin dan sistem mekanik.

Prospek kerja untuk lulusan Teknik Mesin sangat positif, karena kebutuhan akan profesional yang memiliki keterampilan teknis ini terus meningkat di berbagai sektor industri. Beberapa prospek kerja yang menjanjikan di masa depan termasuk, Industri Otomotif, Energi Terbarukan, Industri Manufaktur, Industri Aeroangkasa, dan masih banyak lagi.

8. Marketing

Marketing atau pemasaran menjadi kunci dari hidupnya suatu perusahaan, maka dari itu lulusan dari jurusan ini juga akan dibutuhkan hingga 10 tahun kedepan.

Lulus dari jurusan marketing bisa menjadi seorang manajemen pemasaran, analis pasar dan riset, konsultan pemasaran, hingga menjadi pemilik bisnis itu sendiri.

9. Keperawatan

Menjadi seorang perawat tidak bisa kita anggap remeh, di luar negeri sendiri gaji seorang perawat bisa menjadi puluhan juta per bulan (dalam rupiah), pastinya di Indonesia dimasa depan akan menerapkan standarisasi gaji yang cukup tinggi untuk tenaga kesehatan seperti perawat ini.

Walaupun perkembangan teknologi yang pesat, peran seorang perawat dalam dunia kesehatan akan sulit untuk digantikan.

10. Jurusan Farmasi

Sudah menyadari semakin banyaknya industri skincare di Indonesia?
Nah pembuatan skincare itulah tugas dari lulusan farmasi, kebanyang kan betapa menjanjikannya prospek kerja jurusan farmasi?

Demikian daftar 10 jurusan yang paling dibutuhkan hingga 10 tahun kedepan. List di atas bisa saja berubah seiringnya perkembangan zaman yang susah ditebak ini. Namun setidaknya jika memilih jurusan-jurusan di atas kesempatan berkembang di masa depan tinggi.

1 thought on “Jurusan Yang Paling Dibutuhkan 10 Tahun Kedepan”

  1. Pingback: Terungkap! 10 Jurusan Paling Diminati di Dunia - Yapindo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *