Skip to content

Prediksi Soal Pengetahuan dan Pamahaman Umum UTBK SNBT 2024

soal pengetahuan dan pemahaman umum snbt 2024

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya pengetahuan dan pemahaman umum merupakan salah satu subtes snbt 2024. Bagaimana dengan contoh soal pengetahuan dan pemahaman umum tersebut?

Sebelumnya telah dijelaskan apa itu subtes pengetahuan dan pemahaman umum pada artikel tes potensi skolastik, maka dari itu jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai subtes ini bisa baca artikel tersebut.

Sebelum lanjut ke contoh soalnya, kami ada sedikit tips mengerjakan soal pengetahuan dan pemahaman umum ini.

1. Baca terlebih dahulu pertanyaan dan jawaban, lalu cari kata kunci pada pernyataan soal atau teks bacaannya. Hal itu akan memudahkan kita menjawab soal tanpa membuang waktu yang banyak.

2. Pelajari tata bahasa Indonesia atau PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) karena pada soal pengetahuan dan pemahaman umum akan memuat beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan PUEBI.

3. Teknik membaca cepat sangat penting saat mengerjakan soal PPU, dikarenakan akan banyak sekali teks bacaan yang mungkin harus kamu baca semua.

4. Terakhir sering mengikuti tryout utbk snbt, dengan begitu kamu akan terbiasa mengerjakan soal pengetahuan dan pemahaman umum.

 

Contoh Soal Pengetahuan dan Pemahaman Umum

(1) Bencana banjir merendam sebagian permukiman warga di kawasan Kota Subulussalam, Provinsi Aceh. (2) Sejak Senin (27/7) di kawasan setempat terjadi hujan deras terus-menerus sehingga terjadi luapan air sungai yang merendam permukiman warga. (3) Daerah terparah terdampak banjir adalah Desa Namo Buaya, Kecamatan Sultan Daulat. (4) Sedikitnya dua puluh unit rumah warga terendam banjir. (5) Banjir juga merendam jalur Subulussalam—Tapaktuan. (6) Ketinggian air mencapai satu meter. (7) Akibanya arus lalu lintas kedua arah putus total sejak Selasa (28/7) subuh. (8) Truk angkutan barang dari atau tujuan Medan, Sumatera Utara-Aceh juga terganggu. (9) Padahal berbagai barang kebutuhan untuk iduladha diangkut melalui jalur tersebut.
Sumber: www.mediaindonesia.com

1. Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas adalah…
A. Truk angkutan barang dari atau tujuan Medan, Sumatera Barat-Aceh
juga terganggu
B. Hujan melanda mulai tanggal 28 Juli
C. Ketinggian air mencapai lima meter
D. Daerah terparah terdampak banjir adalah Desa Namo Buaya
E. Arus lalu lintas berjalan normal meskipun banjir

Jawaban: D

2. Judul yang paling sesuai dengan teks di atas adalah…
A. Banjir Menyebabkan Arus lalu lintas mati total
B. Kota Aceh terendam Banjir
C. Banjir Merendam Permukiman Subulussalam, Arus Lalu Lintas
Terganggu
D. Permukiman Terendam, Warga Subulussalam Biasa Saja
E. Subulussalam Banjir Terparah dalam Satu Dekade Terakhir

Jawaban: C

Jumlah kematian dan klaim perokok menurut penelitian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setiap satu jam, tembakau rokok membunuh 560 orang di seluruh dunia. Kalau dihitung, satu tahun terdapat 4,9 juta kematian di dunia yang disebabkan oleh tembakau rokok. Kematian tersebut tidak terlepas dari 3.800 zat kimia, yang sebagian besar merupakan racun dari karsinogen (zat pemicu kanker). Selain itu, asap dari rokok yang memiliki benzopyrenemerupakan penyebab langsung mutasi gen. Hal ini berbanding terbalik dengan makanan dan minuman yang bersifat nyata dalam tubuh dan dapat diukur secara kuantitatif.

3. Ide pokok paragraf di atas adalah ….
(A) kandungan rokok terhadap kesehatan manusia
(B) kandungan zat bercaun dalam rokok
(C) rokok yang menjadi penyebab kematian seseorang
(D) bahaya rokok bagi kesehatan manusia
(E) jumlah kematian berdasarkan data WHO

Jawaban: C

4. Pernyataan “Makmur dalam Keadilan dan Adil dalam Kemakmuran” hanyalah sebagai slogan yang dalam kenyataannya sulit untuk direalisasikan. Kata slogan dalam kalimat di atas memiliki padanan kata ….
(A) reklame
(B) propaganda
(C) wawasan
(D) provokasi
(E) semboyan

Jawaban: E

Masyarakat yang memiliki bahasa dan menggunakan bahasa disebut masyarakat bahasa.Masyarakat desa adalah masyarakat bahasa, sekelompok manusia yang ditandai oleh interaksi teratur dengan menggunakan isyarat-isyarat verbal dan terpisahkan dari kelompok-kelompok lain di luar masyarakat itu.Dalam berbahasa secara tunggal atau secara majemuk, masyarakat desa dapat dikaji dari aturan-aturan pemakaian bahasanya.Mereka apada umumnya terikat oleh kesamaan kaidah-kaidah berbahasa untuk menghasilkan dan menafsirkan tuturan, dan kaidah-kaidah untuk menafsirkan ragam-ragam bahasa.

5. Manakah kelompok kata yang sesuai dengan kaidah PUEBI ?
(A) sukarela, antar warga
(B) mempunyai, memerhatikan
(C) dukacita, semi final
(D) antar-jemput, tuna asmara
(E) non-Indonesia, saputanga

Jawaban: E

Demikian beberapa contoh soal pengetahuan dan pemahaman umum (PPU) untuk SNBT 2024.

Kamu juga bisa mendapatkan prediksi soal utbk 2024 lainnya melalui buku simbus PTN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *