Skip to content

5 Contoh Soal Penalaran Umum SNBT 2024 dan Jawabannya

Hai sobat Yapindo, siapa disini yang akan mengikuti SNBT tahun 2024? apakah kamu sudah tahu contoh soal penalaran umum yang akan muncul nanti?

Jika belum, kamu datang ke artikel yang tepat. Karena disini kita akan membahas contoh soal penalaran umum serta jawabannya.

Pada artikel sebelumnya kami telah menjelaskan apa itu penaralan umum yang merupakan bagian dari tes potensi skolastik. Silahkan baca artikel sebelumnya untuk mengetahui definisi lebih lengkap tentang tes potensi skolastik.

Seperti yang telah kita ketahui bersama subtes penalaran umum akan muncul pada snbt 2024.

Maka dari itu, berikut ini beberapa contoh model soal penalaran umum dan jawabannya yang bisa kamu pelajari.

1. Sejumlah pengusaha sepatu kecil menengah di Kabupaten Mojokerto mengalami kesulitan menghadapi aturan perdagangan bebas atau free trade agreement (FTA) ASEAN-Chin. Mereka mengaku merugi sejak isu itu digulirkan pada awal Januari lalu. Para pedagang mengalami dampak negatif aturan itu. Pada sektor usada kecil sepatu, misalnya, pengusaha merugi sampai 50% “Orderan berkurang 50%. Artinya, produksi kami juga berkurang sebesar itu,” kata Budi Utomo, anggota Gabungan Pengusaha Sepatu (GPS) Kabupaten Mojokerto. Sepinya order terjadi karena sebagian besar pelanggan tidak melakukan pemesanan karena menunggu masuknya produk impor lebih murah dari pada harga produk lokal. Pernyataan berikut yang TIDAK SESUAI dengan isi paragraf diatas adalah …

a) FTA ASEAN-China membuat panik sejumlah pengusaha sepatu kecil menengah di Kabupaten Mojokerto.
b) Para pelanggan pengusaha sepatu di Kabupaten Mojokertolebih memilih produk sepatu impor dari pada membeli sepatu lokal.
c) Sejak Januari lalu, kerugian akibat FTA ASEAN-China dirasakan para pengusaha sepatu kecil menengah di Kabupaten Mojokerto.
d) Akibat FTA ASEAN-China kerugian para pengusah kecil di Kabupaten Mojokerto mencapai sekitar 50%.
e) Banyak pelanggan pengusaha sepatu di Kabupaten Mojokerto menghentikan permintaan pesanan karena menunggu pelaksanaan FTA-ASEAN China.

Jawabana: E

Perhatikan Teks Berikut

Sepanjang empat tahun terakhir ini, produksi udang Indonesia masih menguasai pasar Jepang. Volume ekspor udang Indonesia memang masih paling tinggi ke negeri Matahari ini. Hanya saja, perlu diperhatikan, ternyata volumenya dari tahun ke tahun mengalami penurunan, seiring lesunya sektor udang nasional. Hal yang perlu diwaspadai adalah produksi udang Vietnam yang makin melejit. Sebagai perbandingan pada tahun 2016, ekspor udang Indonesia ke Jepang sebanyak 55.617 ton, sedangkan Vietnam mengekspor 35.664 ton. Untuk lebih jelasnya lihat tabel di bawah ini.

Jumlah Udang yang Diimpor Jepang (2016 – 2019)

2. Kesimpulan isi tabel tersebut yang tepat adalah … .

(A) Ekspor udang dari beberapa negara ke Jepang mengalami kenaikan yang tajam
(B) Udang yang diimpor Jepang dari berbagai negara pada tahun 2019 mengalami penurunan
(C) Ekspor udang dari beberapa negara selalu stabil dari tahun 2016 sampai tahun 2019
(D) Ekspor udang dari negara lain mengalami kenaikan tajam pada tahun 2018 dan 2019
(E) Jumlah impor udang Jepang dari beberapa negara dari tahun ke tahun mengalami kenaikan

Jawaban: C

3. Jika a ≥ 3, maka nilai 5a + 3 adalah ….
a) ≥ 8
b) >18
c) ≥ 18
d) >23
e) ≥ 23

Jawaban: C

4. Jika p adalah bilangan habis dibagi 7 dan nilainya lebih besar daripada 14 dan kurang daripada 28, sedangkan q adalah bilangan ganjil yang nilainya di antara 19 dan 23, maka pernyataan yang paling tepat adalah ….

a) p = q
b) p > q
c) p < q
d) 2p < q
e) 2q < p

Jawaban: A

5. Jika Adit terlambat makan, akan terkena mag.
Jika terkena mag, harus ke rumah sakit untuk berobat.
Kesimpulan yang tepat adalah …

A. Adit harus ke rumah sakit.
B. Adit terlambat makan.
C. Adit tidak terlambat makan.
D. Jika Adit terlambat makan, maka harus ke rumah sakit untuk berobat.
E. Jika Adit akan terkena mag maka akan berobat ke rumah sakit.

Jawaban: D

Semoga dengan 5 contoh soal penalaran umum di atas, kamu bisa mendapatkan gambaran umumnya soal yang akan muncul seperti apa.

Ingin mendapatkan prediksi soal snbt 2024? Yuk miliki segera buku “Prediksi Soal UTBK-SNBT 2024 by Simbus PTN”.

Buku ini disusun oleh penulis berpengalaman dari PTN unggulan Indonesia. Lengkap dengan jawaban dan pembahasan terstruktur membuat buku ini menjadi pilihan yang tepat buku snbt 2024 untuk belajarmu mempersiapkan SNBT 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *