Skip to content

Apa itu Tes Potensi Skolastik? Ini Dia Penjelasan dan Contohnya

Tes Potensi Skolastik atau biasa disingkat menjadi TPS merupakan salah satu tes SNBT 2024, namun apa itu tes potensi skolastik?

Secara singkat pengertian dari tes potensi skolastik adalah tes yang mengharuskan siswa sekolah menggunakan nalarnya dalam menjawab soal.

Tes ini dimaksudkan agar siswa yang menjalani pendidikan formal khususnya perguruan tinggi bisa dengan mudah memahami ilmu yang di dapat saat pembelajaran berlangsung.

TPS terdiri dari empat komponen, yaitu penalaran umum, pemahaman bacaan dan menulis, pengetahuan dan pemahaman umum, serta pengetahuan kuanitatif.

Kemampuan Penalaran Umum

TPS penalaran umum akan muncul di SNBT 2024 dengan 3 sub komponen yaitu penalaran induktif, penalaran deduktif, penalaran kuantitatif, dengan masing-masing waktu pengerjaan 10 menit dengan jumlah total 30 soal.

Komponen Kemampuan Penalaran Umum dalam TPS mengevaluasi kemampuan individu dalam mengatasi secara terarah dan terkendali berbagai masalah baru yang tidak dapat dipecahkan hanya dengan mengandalkan kebiasaan yang telah dipelajari sebelumnya.

Kemampuan yang diujikan mencakup:

1. Kemampuan memecahkan masalah-masalah baru yang belum pernah dihadapi sebelumnya
2. Kemampuan bernalar secara abstrak yang tidak semata-mata merupakan hasil dari pembelajaran sebelumnya

Penalaran Induktif: Kemampuan untuk mengamati fakta-fakta atau kejadian-kejadian untuk menemukan prinsip-prinsip atau aturan-aturan yang mendasarinya.

Penalaran Deduktif: Kemampuan seseorang untuk bernalar secara logis dengan menggunakan premis-premis dan prinsip-prinsip yang telah diketahui sebelumnya.

Penalaran Kuantitatif: Kemampuan berpikir yang melibatkan kuantitas, hubungan matematika sederhana, yang melibatkan penggunaan operator aritmetika dasar seperti penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Contoh Soal Penalaran Umum Kemampuan Berfikir Secara Induktif

Perhatikan Teks Berikut

Situs freelance kenamaan, Upwork memublikasikan laporan terbaru, yang menyebut bahwa lowongan kerja di bidang AI naik hingga 1.000 persen pada kuartal II-2023, dibanding periode yang sama tahun lalu. Fenomena yang disebut “AI boom” (ledakan AI) ini menciptakan beberapa peluang kerja di bidang AI, beberapa di antaranya seperti pengembang chatbot AI, prompt engineer, anotator data, spesialis OpenAI Codex, ahli etika AI, dan banyak lagi. Fenomena “AI boom” ini turut membuat perusahaan merekrut banyak pekerja untuk mengembangkan AI.

Diadaptasi: www.kompas.com

Pernyataan yang PALING BENAR berdasarkan teks tersebut adalah.

A. Menurut situs Upwork, lowongan kerja dibidang AI naik hingga 1.000 persen pada kuartal III-2023.
B. Berdasarkan laporan Upwork, lowongan kerja di bidang AI naik pada kuartal II-2023 dibanding periode yang sama tahun lalu.
C. Fenomena “AI boom” (ledakan AI) menciptakan kerugian bagi para pekerja di bidang AI.
D. Pengembang chatbot AI adalah pekerjaan yang banyak dicari di tahun 2023 ini.
E. Fenomena “AI boom” membuat perusahaan merekrut sedikit pekerja untuk mengembangkan AI.

JAWABAN: B

 

Contoh Soal Penalaran Umum Kemampuan Berfikir Secara Deduktif

Jika Rina terlambat makan, akan terkena mag.
Jika terkena mag, harus ke rumah sakit untuk berobat.
Kesimpulan yang tepat adalah …

A. Rina harus ke rumah sakit.
B. Rina terlambat makan.
C. Rina tidak terlambat makan.
D. Jika rina terlambat makan, maka harus ke rumah sakit untuk berobat.
E. Jika Rina akan terkena mag maka akan berobat ke rumah sakit.

Jawaban: D

 

Contoh Soal Penalaran Umum Kemampuan Berfikir Melalui Penggunaan Angka (Kuantitatif)

Pernyataan : Harga dua pensil Rp3.000,00 dan harga satu buku b rupiah. Amir membeli 4 buku dan 10 pensil. Jika ia membayar Rp100.000,00, maka jumlah uang kembalian yang diterimanya adalah…rupiah

A. 65.000-4b
B. 85.000-4b
C. 65.000-3b
D. 85.000+4b
E. 65.000+3b

JAWABAN: B

 

Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis

Selanjutnya komponen dari tes potensi skolastik adalah kemampuan memahami bacaan dan menulis. Pada SNBT 2024 nanti KMBM akan ada 20 soal dengan waktu pengerjaan 25 menit.

Kemampuan membaca dan menulis mencakup pengetahuan yang diperoleh seseorang, termasuk keterampilan dasar membaca, kelancaran membaca, dan keterampilan menulis yang diperlukan untuk memahami bahasa tertulis serta menyampaikan gagasan melalui tulisan. Kemampuan ini melibatkan aspek-aspek dasar dan juga keterampilan yang lebih tingkat, seperti pemahaman teks tulisan dan kemampuan menulis narasi.

Contoh Soal Memahami Bacaan dan Menulis

(1) Indonesia, yang diakui sebagai salah satu produsen dan pengekspor obat-obatan herbal terkemuka, menempati pada peringkat ke-19 sebagai negara pengekspor obat herbal di dunia dengan pangsa pasar 0,61 persen dari tahun 2019. (2) Keanekaragaman hayati Indonesia yang meluap, dengan rangkaian menakjubkan dari 19,871 tanaman obat yang digunakan sebagai bahan tradisional, menjadikan Indonesia berpeluang untuk memimpin dalam memperkenalkan obat-obatan baru. (3) Misalnya, telah teridentifikasi 16.218 tumbuhan, dan 9.600 tumbuhan di antaranya berkhasiat obat, serta 200 spesies sebagai bahan baku industri obat tradisional.

Kata meluap pada kalimat (2) dapat diganti dengan kata…
A. Beragam
B. Melimpah
C. Banyak
D. Membeludak
E. Lengkap

Jawaban: B

 

Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Pengetahuan dan pemahaman umum adalah bagian dari tes potensi skolastik yang menguji kemampuan untuk memahami dan menyampaikan pengetahuan yang dianggap signifikan dalam konteks budaya Indonesia, khususnya dalam keterampilan berbahasa, penggunaan kata, serta cakupan dan kedalaman pengetahuan umum. Aspek-aspek kemampuan ini mencakup pengetahuan praktis individu mengenai bahasa, informasi, dan konsep-konsep tertentu yang bersumber dari verbal dan kebahasaan.

Jumlah soal pada komponen ini adalah 20 dengan waktu pengerjaan 15 menit.

Berikut Contoh Soal Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Bahaya dan Dampak Narkoba pada Hidup dan Kesehatan Peredaran dan dampak narkoba saat ini sudah sangat meresahkan. Mudahnya mendapat bahan berbahaya tersebut membuat penggunanya semakin meningkat. Tak kenal jenis kelamin dan usia, semua orang berisiko mengalami kecanduan jika sudah mencicipi zat berbahaya ini. Meski ada beberapa jenis yang diperbolehkan dipakai untuk keperluan pengobatan, namun tetap saja harus mendapatkan pengawasan ketat dari dokter. Berikut ini bahaya yang ditimbulkan narkoba bagi kehidupan dan kesehatan manusia, Dehidrasi, Halusinasi, Menurunnya Tingkat Kesadaran, Gangguan Kualitas Hidup.

Manakah yang tidak termasuk bahaya yang ditimbulkan narkoba bagi kehidupan dan kesehatan manusia?

A. Halusinasi
B. Stroke dan serangan jantung
C. Dehidrasi
D. Menurunnya Tingkat Kesadaran
E. Gangguan Kualitas Hidup

Jawaban: B

Pengetahuan Kuantitatif

Terakhir yang masuk dalam komponen tes potensi skolastik adalah pengetahuan kuantitatif mencakup kedalaman dan cakupan pengetahuan terkait dengan matematika, yang diperoleh melalui proses pembelajaran. Ini mencerminkan kemampuan individu untuk menggunakan informasi kuantitatif dan memanipulasi simbol-simbol angka. Kemampuan ini melibatkan pemahaman tentang konsep perhitungan matematika, keterampilan dalam memecahkan masalah matematika, dan pengetahuan umum dalam bidang matematika.

Contoh Soal TPS Pengetahuan Kuantitatif

Jika diketahui jumlah suku ke-3 dan suku ke-6 barisan aritmetika adalah suku ke-10. Perbandingan antara jumlah 5 suku pertama dengan jumlah 12 suku pertama adalah ….

A. 1:3
B. 2:9
C. 3:10
D. 5:12
E. 8:15

Jawaban: B

Agar bisa lolos snbt 2024, kita perlu menguasai materi Tes Potensi Skolastik di atas.

Yuk pahami prediksi soal snbt tahun 2024 melalui buku Simbus PTN Prediksi Soal UTBK-SNBT 2024.

Buku ini disusun berdasarkan hasil ingatan dan interview peserta snbt tahun 2023.

Dengan mengikuti format terbaru (7 subtes) sehingga tingkat keakuratannya tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *